Hasil dari rapat Komite Eksekutif PSSI pada Kamis (12/1/2023) membuat sepak bola negeri ini dalam kemunduran, Bagaimana tidak ? pada rapat tersebut PSSI memutuskan menghentikan Liga 2 dan 3 untuk musim 2022-2023, lalu imbasnya Liga 1 2022-2023 ini terkesan dipaksakan harus berjalan dengan sistem tanpa degradasi. Tentu ini sebuah Langkah kemunduran dalam sepak bola manapun.

 

Pada pagelaran Liga 1 Minggu ke- 19 ini Tim kebanggaan kami Pendekar Cisadane harus berhadapan dengan Bajul Ijo pada hari Rabu, 18 Januari 2023 dengan jam kick off 15:00 WIB di Stadion kebanggaan kami Indomilk Arena. Ada sebuah spanduk yang terbentang di tribun utara yang bertulisan “FEDERASI DAGELAN, LIGA JALAN DIPAKSAKAN #135NYAWAKANJURUHAN”.

 

Foto spanduk yang bertulisan “FEDERASI DAGELAN, LIGA JALAN DIPAKSAKAN #135NYAWAKANJURUHAN”
Source : unknown

 

Menurut salah satu penanggung jawab dari North Legion Eenk “Aksi membentangkan spanduk itu sebenarnya aspirasi teman-teman melihat kondisi dan situasi sepak bola saat ini”. North Legion merupakan salah satu komunitas suporter Persita Tangerang yang menghuni tribun utara di Stadion Indomilk Arena. Namun spanduk yang terbentang ditribun utara Stadion Indomilk Arena itu terlihat digulung di waktu jeda istirahat menuju babak ke-2, Menurut Eenk selaku penanggung jawab dari Nort Legion  “Spanduk kami lipet karena adanya teguran dari pihak panpel karena intervensi dari match commissioner”.

 

Pihak panpel menjelaskan bahwa spanduk itu melanggar regulasi liga 1 pada pasal 7 huruf e yang berbunyi “membawa botol minuman; dan melakukan tindakan provokatif (menghasut) dan juga pada pasal  55 yang berbunyi “Hal-hal yang mengganggu jalannya pertandingan seperti flare (crawat), fireworks (kembang api), smoke bomb, spanduk bertulisan dan/atau menampilkan gambar rasis, yel-yel serta lain yang bernada rasis, diskriminatif atau politisi yang dapat dikategorikan sebagai sebuah pelanggaran disiplin dan terhadap hal tersebut akan dikenakan sanksi sesuai dengan Kode Disiplin PSSI”.

 

Menurut Muhamad Olga yang merupakan salah satu penanggung jawab North Legion juga berkomentar soal teguran tersebut “Tidak ada pasal yang kita langgar bilang ke panpel untuk pahami dulu arti kata diskriminatif”. Jika spanduk yang dibentangkan oleh teman-teman north legion melanggar regulasi apa yang disampaikan oleh panpel, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu provokatif ? apa itu diskriminatif ?

 

Sebelum jauh membahas apa itu provokatif dan diskriminatif, apakah menurut kalian spanduk yang bertuliskan “FEDERASI DAGELAN, LIGA JALAN DIPAKSAKAN #135NYAWAKANJURUHAN” mengandung unsur provokatif ataupun diskriminatif ? jika menurut kalian mengandung unsur tersebut bisakah kalian menjelaskannya, di bagian mana tulisan tersebut mengandung provokatif dan diskriminatif ?

 

Mari kita cari tahu apa itu diskriminatif dan provokatif, Menurut KBBI diskriminatif merupakan sifat yang membeda-bedakan (diskriminasi), Mengutip dari laman Universitas Islam An Nur Lampung (https://an-nur.ac.id/diskriminasi-dalam-pandangan-islam-pengertian-contoh-bahaya-dan-cara-menghindarinya) Menurut Pandangan Islam Diskriminasi berarti pembedaan perlakuan terhadap sesama berdasarkan warna kulit, golongan, suku, ekonomi, status sosial dan lain-lain. Seseorang yang melakukan perbuatan diskriminasi berarti memiliki sikap diskriminatif. Dari penjelasan tersebut apakah spanduk yang bertulisan “FEDERASI DAGELAN, LIGA JALAN DIPAKSAKAN #135NYAWAKANJURUHAN” mengandung unsur pembedaan atau penghinaan terhadap golongan tertentu ?

 

Mari kita cari tahu apa itu provokatif ? Menurut KBBI provokatif merupakan sifat provokasi. Mengutip dari laman kilaskementerian.kontan.co.id (https://kilaskementerian.kontan.co.id/news/provokasi-adalah-perbuatan-untuk-membangkitkan-kemarahan) Menurut Erwan Widyarto provokasi merupakan perbuatan yang membangkitkan kemarahan, tindakan penghasutan dan pancingan kerusuhan, kebencian dan krisis sosial. Mari kita simak dengan jelasa apakah spanduk yang bertulisan “FEDERASI DAGELAN, LIGA JALAN DIPAKSAKAN #135NYAWAKANJURUHAN” mengandung unsur kebencian ataupun penghasutan ?

 

Sebuah pesan kecil dari Tangerang.

#KamiMelawan

Share Articles

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Pinterest

related post

Malam Minggu Kelabu

Menikmati malam Minggu dengan pertandingan sepak bola adalah kenikmatan yang

contribution

Berbagi Karya Seni

Kepada semua penggemar setia Persita Tangerang yang memiliki karya tulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *